Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh... Ukhuwah islamiyah..

Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh... Ukhuwah islamiyah.. saudara seiman.. uhibbukum fillah, lillah , Ilallah

Saturday 2 June 2012

H-1 to 20th years old (Jangan biarkan umur berlalu tanpa amal)


doa2 Jangan biarkan umur berlalu tanpa amal

Firman Allah Ta’ala: “Dialah yang menciptakan kamu dari tanah, kemudian dari (setetes) air benih, kemudian dari sebuku darah beku, kemudian dari seketul daging; kemudian Dia mengeluarkan kamu berupa kanak-kanak; kemudian kamu (dipelihara) hingga sampai ke peringkat umur dewasa; kemudian kamu (dipanjangkan umur) hingga sampai menjadi tua dan (dalam pada itu) ada di antara kamu yang dimatikan sebelum itu. (Allah melakukan kejadian yang demikian) supaya kamu sampai ke masa yang ditentukan (untuk menerima balasan) dan supaya kamu memahami (hikmat-hikmat kejadian itu dan kekuasaan Tuhan).” (Surah Al-Mu’min : 67). 




Syaikh Ibnu ‘Athaillah mengatakan: “Apa yang telah luput dari umurmu itu tidak akan ada ganti baginya. Dan apa yang telah berhasil bagimu dari umurmu itu, tidak ternilai harganya. “ Usia manusia bagaikan awan yang berlalu. Sekali melintas maka selama-lamanya dia tidak pernah kembali. Oleh yang demikian, selagi hayat dikandung badan dan selagi kita mempunyai kesempatan, maka gunakanlah umur yang demikian amat berharga itu untuk melakukan dan mengumpulkan amal kebajikan sebanyak-banyaknya. Sungguh rugi seseorang manusia yang tidak menggunakan usianya dengan baik. Kesempatan itu hanya datang sekali, setelah itu kita akan dihadapkan kep ada Allah Ta’ala untuk mempertanggungjawabkan segala sesuatu yang telah lakukan selama hidup di dunia ini. 


kita perhatikanlah firman Allah Ta’ala, yang berbunyi: Terjemahan: “Demi masa  Sesungguhnya manusia berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal salih dan memberi nasihat dengan kebenaran dan memberi nasihat dengan kesabaran. “(Surah Al-’Asr: 1-3) 


Begitu pentingnya masa (usia) itu, hinggakan Allah bersumpah dengannya Sehubungan dengan hal ini, Imam Syafi’i pernah mengatakan: “Jika sekiranya Al-Quran itu terdiri dari satu surat saja, maka surat Al-’Asr sudah cukup untuk menjadi pedoman kehidupan manusia.” 






Adapun mutiara yang dapat kita raih adalah sebagai berikut: * Iman sebagai landasan hidup Semenjak kecil, kita sudah diajar dan disuruh untuk menghafal rukun iman yang enam, yakni percaya kepada Allah, percaya kepada malaikat-Nya, percaya kepada kitab-kitab-Nya, percaya kepada rasul-Nya, percaya kepada hari kiamat dan percaya kepada qada ‘dan qadar dari Allah. Bagaimanapun, rukun iman itu tidak memadai kalau hanya dihafal saja Tetapihendaklah ia diresapkan ke dalam hati kemudian dibuktikan dengan amal perbuatan. 










Renungkan firman Allah Ta’ala:  ”Tidakkah engkau melihat bagaimana Allah mengemukakan satu perbandingan, iaitu kalimah yang baik adalah sebagai sebatang pohon yang baik, yang akar tunjangnya tetap teguh, dan cabang pucuknya menjulang ke langit. Pohon itu memberikan buahnya pada setiap waktu dengan izin Tuhannya. Dan Allah membuat perumpamaan itu untuk manusia, supaya mereka selalu ingat. Dan perumpamaan kalimat yang buruk seperti pohon yang tidak berguna yang terjungkit akar-akarnya dari bumi tidak ada tapak baginya untuk tetap hidup. Allah menetapkan pendirian orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan dunia dan akhirat; dan Allah menyesatkan orang yang berlaku lalim, dan Allah berkuasa melakukan apa yang dikehendaki-Nya. “(Surah Ibrahim: 24-27)


 Iman sebagai landasan hidup, adalah bagaikan pohon yang akarnya menghunjam ke dalam bumi, berdaun rindang (rimbun), berbuah lebat dan batangnya tegak dengan kukuhnya. Pohon seperti ini tidak akan tumbang walaupun dilanda oleh angin kencang Daunnya yang rindang dijadikan tempat berteduh, batangnya dijadikan tempat bersandar dan buahnya untuk dimakan. Secara keseluruhannya, pohon itu mendatangkan manfaat yang amat besar kepada manusia. 


Demikian juga dengan iman. 


Sebagai seorang yang beriman, hendaknya kita tidak mudah terumbang ambing oleh suatu keadaan, yang sekaligus mendatangkan keberkahan dan manfaat kepada manusia. * Mengerjakan amal salih Menurut ajaran Islam, amal salih itu amat luas sekali. Bahkan segala sesuatu yang dapat mendatangkan kebaikan apabila dikerjakan (menurut syariat Al-Quran dan Sunnah), baik untuk diri sendiri, anggota keluarga maupun orang lain, adalah tergolong dalam amal salih. 


* Saling menasihati dengan kebenaran Di dalam Al-Quran, surah Al-Ra’d ayat 17: “Ia menurunkan air dari langit, lalu membanjiri tanah-tanah lembah menurut kadarnya, kemudian banjir itu membawa buih yang mengembang. Dan dari apa yang dibakar di dalam api untuk membuat perhiasan atau perangkat keras, juga timbul buih seperti itu. Demikianlah Allah memberi misal perbandingan tentang perkara yang benar dan salah. Adapun buih itu, akan hilang ia tak berharga, manakala benda-benda yang berfaedah kepada manusia maka ia tetap tinggal di bumi. 




Demikianlah Allah menerangkan misal perbandingan. ” Allah Ta’ala mengumpamakan kebenaran itu bagaikan air hujan dan kebatilan itu bagaikan buihnya. Maka air hujan itu akan mendatangkan manfaat yang besar bagi manusia, sedangkan buihnya akan lenyap tanpa bekas. Oleh yang demikian, kebenaran harus selalu ditegakkan, walaupun untuk melakukannya itu diperlukan perjuangan dan pengorbanan yang besar. 


* Saling menasihati dengan kesabaran Sabar adalah tahan menderita terhadap sesuatu yang tidak disenanginya, dan merasa redha terhadap segala sesuatu yang menimpa. Ikhlas dan menyerahkan diri sepenuhnya kepada ketentuan Allah setelah berikhtiar dan mengusahakan yang terbaik. Dari penjelasan surah Al-’Asr di atas, jelaslah bagi kita bahwa orang-orang yang mengamalkan apa yang terkandung di dalamnya dengan sebaik-baiknya, akan beruntung sebesar-besarnya. Akhirnya marilah kita renungkan pula sebuah syair para ahli hikmah berikut ini: “Aku t angisi zaman muda yang telah pergi. “Kiranya muda, bilakah akan kembali lagi kepada kami? Sekiranya muda dapat dijual, maka akan ku bayar ke penjualnya berapapun harga yang dikehendaki-Nya. Tetapi masa muda itu, bila dia telah pergi menjauh, maka dia tidak akan kembali lagi … 




“ Sumber : 



Matan al-Hikam Syaikh Ibnu ‘Athaillah Al-Sukandar

Sumber: http://www.2lisan.com/2033/jangan-biarkan-umur-berlalu-tanpa/

No comments:

Post a Comment